Adnan Yusufi (Mr. Jo)

MrJ Sufi Lover - Composer - NLPer - Lecturer - Teacher...

Selengkapnya
Mengawali Langkah

Mengawali Langkah

Memang tidaklah mudah untuk memulai apapun hal baru dalam kehidupan kita. Hampir semua sepakat dengan pemahaman ini, entah apapun bidang karya yang digeluti. Tulisan ini sebenarnya sugesti untuk diri penulis yang sedang mencoba memulai langkah dalam penulisan "bebas", setelah terbiasa membuat lagu dari tahun 2000 dan menulis berbagai karya ilmiah akademik sejak tahun 2004.

Hal menarik untuk kita diskusikan adalah Mengapa kecenderungan langkah awal dianggap menjadi sebuah beban rasa?. Ya, PERASAAN kata kuncinya. Yang dimaksud dengan "THE MOST DIFFICULT part of an action is the beginning" adalah bahwa ada perasaan kurang menyenangkan yang timbul dari setiap perencanaan langkah apapun sebuah kegiatan yang kita harapkan menjadi kenyataan. Dalam hal ini, memiliki kebiasaan MENULIS contohnya. Saya dan Anda semua mungkin memiliki kemiripan rasa saat pertama kali hendak menuliskan sesuatu dalam www.gurusiana.id ini. Dan jujur perasaan itu didominasi oleh hal-hal yang kurang menyenangkan, entah durasi sebentar dengan frekuensi yang sangat besar atau lama meski frekuensi rasa negatifnya kecil.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi munculnya kebiasaan ini, diantaranya faktor pengalaman, baik dalam bentuk visual, auditori maupun kinestetik (VAK). Ada juga faktor motivasi atau kebutuhan, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang sudah pernah bahkan terbiasa menulis sebelumnya disini, tentu memiliki perasaan yang lebih baik sebab familiar dan terbiasa/ tidak asing lagi. Begitu pula sebaliknya. Perasaan baik ini akan memudahkan langkah ke depan, sehingga proses perjalanan akan semakin menyenangkan, meski konsep inipun relatif bergantung pada sekuat apa ke-istiqomah-an kita dalam menjaga prasangka baik yang kita miliki diawal.

Nah sekarang... Bagaimana cara memiliki perasaan yang baik untuk mengawali langkah menulis?

Silakan nanti kita sharing tips, pada kolom komentar! Salah satu yang ingin penulis sampaikan disini adalah... mari niatkan mengawali apapun bidang pekerjaan atau kegiatan yang ingin segera kita mulai dengan "membawa serta" Tuhan. Kaum beriman dan beragama tentu paham dengan statement ini. Manusia adalah makhluk spiritual. Ia tidak bisa tidak akan selalu memiliki konektivitas dengan Sang Khaliq dan ini menjadi sebuah keniscayaan. Hal ini terjadi secara sadar maupun tidak sadar bahwa ketika manusia menjauhkan diri dari Tuhan-nya, maka hanya kekurangan bahkan kerusakan yang akan tampak darinya.

Bisa jadi, perasaan SULIT yang kita miliki ketika memulai langkah awal sebuah aktivitas BARU, disebabkan... pada saat yang sama kitapun "melepaskan diri" dari sifat kehambaan yakni makhluk yang memiliki dan dikuasai oleh Tuhan. Oleh karenanya, sudah saatnya kita berlatih menata kembali NIAT baik dalam bayangan pikiran maupun perasaan yang muncul agar semoga Tuhan senantiasa memberkati langkah awal kita dan memberikan keyakinan dalam hati untuk tetap BERIMAN dan percaya akan pertolongan-Nya yang menjaga kita dalam KEBAIKAN, sehingga memudahkan langkah awal dan terus berlanjut hingga purna melewati perjalanan mulia yang fana ini.

Simpulan ringkasnya berarti untuk mengawali langkah apapun, pastikan kita mulai dengan do'a serta menjaga bayangan positif yang akan terjadi di masa depan dalam pikiran, sehingga perasaan yang timbulpun juga baik (HUSNUDZAN) dan ini akan semaaaaakin memudahkan proses hingga hasil akhir yang diharapkan.

Sampai jumpa, salam Yafuha!
~ MrJ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantabbb

10 Sep
Balas

hehe... Ayo Bang Haji... pemanasan nulis

10 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali